Senin, 10 November 2014

KULINER YANG ADA DI YOGYAKARTA

Kalok sudah bicara kuliner pasti sobat tau apa yang terpikirkan, nah sobat pasti tidak lengkap rasanya bila kita  berkunjung kesuatu tempat tapi belum mencicipi kuliner kas setempat, nah berikut ini saya akan memberi info tentang kuliner yang ada di yogyakarta yang patut untuk di coba atau untuk di jadikan buah tangan.

1. GUDEG 




Alangkah tidah sah jika sobat kejogja tapi belum mencicipi kuliner yang satu ini.  Gudeg (gudheg) adalah makanan khas dari Jogjakarta/ Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudeg  terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, disajikan dengan nasi, kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Tetapi dibalik rasanya yang enak, ternyata dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Pengen tau warung gudeg terenak di jogja berikut daftarnya:



-GUDEG YU DJUM
Lokasi : Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta
Jam buka: 05.00-19.00

-GUDEG PERMATA BU PUJO
Lokasi : Jalan Gajah Mada

Di sudut barat Bioskop Permata, kamu akan menemukan warung lesehan milik Bu Pujo yang spesial menghidangkan gudeg basah. Bedanya dengan gudeg kering, gudeg basah biasa dihidangkan dengan kuah santan yang nyemek dan manisnya juga moderat. Tidak semanis gudeg kering. Gudeg Permata Bu Pujo, buka mulai dari pukul 21.00 sampai gudeg ludes terjual pada dini hari.

- GUDEG BU Hj AMAD
 Lokai : Jalan Kaliurang Kilometer 5 Karangasem, Barek, CT III Nomor 5

Warung gudeg Bu Hj Amad terletak di Kampung Barek, sebelah utara kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Warung gudeg ini langganannya mahasiswa dan dosen sebab posisinya persis di pinggir jalan, menghadap langsung Kampus Biru.


2. BAKPIA PATHOK 75




Souvenir atau oleh-oleh selalu tidak pernah ketinggalan dibawa kalau pulang dari luar kota, dan setiap kota selalu memiliki beragam jenis oleh-oleh yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan para pengunjung. Sepulang dari kota Jogjakarta, bakpia pathok tentu saja menjadi oleh-oleh wajib bagi siapa saja yang singgah dikota yang memiliki predikat sebagai “Daerah Istimewa” ini. Harga berkisar Rp. 25.000 - Rp. 30.000 per kotak, jam buka 09.00 - 21.00 WIB.


-LOKASI
 Jl. KS. Tubun no. 75 & 83, Kec. Ngampilan, Jogjakarta



 




2 komentar: